fakta shalat tarawih

Fakta Shalat Tarawih yang Unik di Indonesia

Diposting pada

VipPelangi – Shalat Tarawih atau biasa disebuh Taraweh adalah shalat sunnah yang dilakukan khusus hanya pada saat bulan ramadhan. Tarawih dalam bahasa Arab diartikan sebagai waktu sesaat untuk beristirahat. Dan shalat tarawih ini dilakukan pada malam hari sehabis shalat isya. Pahala yang didapatkan dari shalat tarawih ini juga tergolong besar dan sangat sayang jika tidak dilaksanakan. DAFTARVIP akan mengungkapkan fakta shalat tarawih yang unik-unik di Indonesia.

Fakta 1 : Shalat Tarawih Ngebut

Shalat tarawih seharusnya dilakukan dengan khusyu’. Akan tetapi, fakta shalat tarawih yang kebanyakan terjadi di masjid Indonesia adalah shalat dengan kecepatan yang ekstra alias ngebut. Banyak yang mengeluhkan akan hal ini mengingat pahala yang mereka dapatkan cukup besar. Tetapi banyak pula yang suka. Pihak yang mengeluh kebanyakan adalah para orang tua yang ingin menikmati shalat tarawihnya dengan tenang dan khusyu’. Mereka berdalih bagaimana bisa khusyu’ jika bacaan sangat cepat dan terkesan hanya seperti berdiri, ruku dan sujud saja tanpa ada kenikmatan shalat.

Fakta 2 : Masjid Hanya Penuh di Awal dan Akhir Bulan Ramadhan

Pastinya Anda sangat antusias menyambut datangnya bulan suci ramadhan bukan? Nah, fakta ini yang terjadi di Indonesia. Sehingga pada hari pertama semua orang pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat tarawih bersama-sama. Bahkan tak jarang warga yang datang melebihi kapasitas masjid dan tidak mendapatkan kebagian tempat. Tingkat antusiasme masyarakat dalam menyambut bulan ramadhan dengan melakukan shalat tarawih ini patut diacungi jempol. Disamping itu, yang mengherankan adalah jumlah jamaah yang melakukan shalat tarawih semakin berkurang dari hari ke hari.

Uniknya lagi, jumlah jamaah akan meningkat dan masjid akan dipenuhi kembali pada mahal sehari sebelum bulan ramadhan. Selain itu para muslim mengharapkan akan mengalami malam Lailatul Qodar. Hal ini yang menyebabkan jamaah berbondong-bondong ke masjid untuk melakukan shalat tarawih. Keramaian yang terjadi di masjid ini juga semakin padat dan bertambah akibat banyak warga yang kembali ke kampung halaman masing-masing.

Fakta 3 : Tradisi Malam Ke-21

Fakta unik shalat tarawih berikutnya adalah pada malam 21 biasanya terdapat doa bersama dan disertai dengan makan bersama. Sehingga sehabis shalat tarawih di malam yang ke-21, warga akan menyumbangkan berbagai macam makanan dan nasi untuk dimakan bersama seluruh warga. Makanan yang biasa disajikan adalah nasi kuning, nasi megono, dan nasi urap. Hal ini menjadikan ciri khas tersendiri yang dirindukan oleh umat muslim di Indonesia. Hal ini sangat baik juga karena melatih kita untuk saling berbagi dan bershodaqoh kepada sesama. Selain itu, dengan acara seperti ini kita bisa lebih dekat dengan seluruh warga kampung terutama tetangga kita.

Ini dia fakta-fakta unik shalat tarawih yang terjadi di Indonesia. Untuk terus mendukung konten ini untuk terus berkembang, jangan lupa untuk bermain AduQ Online di Situs VipPelangi yang menjadi salah satu sponsor resmi dari DAFTAR VIP. Terima kasih! Semoga ini dapat membantu menambah wawasan teman-teman semuanya.

BACA JUGA : MISTERI SEGITIGA BERMIDA YANG VIRAL SEPANJANG MASA

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *